Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

VEKTOR

VEKTOR (Bagian 1)


VEKTOR PADA BIDANG DATAR(R-2)

Pengertian-pengertian pada Vektor

πŸ“Œ 1. Besaran Skalar dan besaran Vektor

πŸ‘€ Besaran skalar atau disebut skalar adalah suatu besaran yang hanya mamiliki ukuran besaran saja, 
contoh: 
panjang, waktu, massa, suhu luas dan volume.
Besaran skalar dapat diwakili oleh sebuah bilangan. 

πŸ‘€ Besaran Vektor atau disebut Vektor adalah suatu besaran yang mempunyai besar dan arah, 
contoh: 
kecepatan, percepatan gaya,  momentum dan medan maknet.
Secara geometri, Vektor dapat dinyatakan sebagai bagian dari ruas garis berarah.

πŸ“Œ 2. Menggambar dan Notasi Vektor


Suatu Vektor dapat digambar pada bidang geometri: bidang datar(R2) atau  bangun ruang(R3)  yaitu berupa ruas garis yang titik ujungnya diberi tanda panah. Sedangkan nama sebuah vektor dapat memakai salah satu notasi huruf kecil:



    Vektor \(\overrightarrow {AB} \)  merupakan ruas  garis AB yang titik pangkalnya di A dan ujungnya di B dan ditulis sebagai \(\overrightarrow u \), dan Vektor \(\overrightarrow {PQ} \)  merupakan ruas  garis PQ yang titik pangkalnya di P dan ujungnya di Q dan ditulis sebagai \(\overrightarrow v \). Jika arah vektornya dibalik dan panjangnya tetap sama maka dikatakan  negatif  Vektor \(\overrightarrow u \,\,atau\,\,( - \,\overrightarrow u )\)

πŸ“Œ 3. Kesamaan Dua Vektor

Dua vektor dinyatakan sama, apabila panjang dan arahnya sama. Perhatikan gambar 02

πŸ“Œ 4. Vektor Basis

Vektor basis adalah vektor satuan yang saling tegak lurus. Pada bidang datar ( R2) terpadat dua vektor basis dan pada bangun ruang (R3) terpadat tiga vektor basis yang terletak pada sumbu koordinat yang saling tegak lurus. Vektor basis pada bangun ruang adalah: 
\(\overrightarrow i \) = (1 0 0 ), 
\(\overrightarrow j \)= ( 0 1 0 ), dan 
\(\overrightarrow k \) = ( 0 0 1)

πŸ“Œ 5. Vektor Nol

Suatu vektor yang titik pangkal dan titik ujungnya sama atau berimpit. Vektor nol mempunyai panjang nol dan arahnya tek tentu. Vektor nol biasanya muncul pada operasi vektor.

πŸ“Œ 6. Menyajikan Vektor

Vektor dapat disajikan dalam bentuk vektor baris, vektor kolom atau vektor basis. Perhatikan gambar berikut: 


πŸ“Œ7. Besar atau Panjang Vektor

Besaran suatu vektor dapat diwakili oleh panjang vektor tersebut. Misalkan vektor berikut: \(\begin{array}{l}\overrightarrow v \, = \left( {{a_1},\,\,{a_2}} \right) = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}{{a_1}}\\{{a_2}}\end{array}} \right)\,\,\, = \,\,\,{a_1}i + \,{a_2}j\\panjang\,\,vektor\,\,\overline v \,\, = \,\,\left| {\,\overrightarrow v \,} \right|\,\,\, = \,\,\,\sqrt {{a_1}^2 + {a_2}^2} \end{array}\)

πŸ“Œ8. Vektor Satuan 

Vektor satuan adalah vektor yang panjangnya satu satuan dan dinotasikan \(\hat e\). Vektor satuan dari vektor \(\overrightarrow r \) dinyatakan oleh \({\hat e_{\vec r}}_{\rm{ }} = \,\,\,\frac{1}{{\,\left| {\,\bar r\,} \right|}}.\,\bar r\).

πŸ“Œ9. Vektor Posisi

Vektor posisi titik A terhadap O ditulis \(\overline {OA} \) dan diwakili vektor \(\overrightarrow a \)
Vektor posisi titik B terhadap O ditulis \(\overline {OB} \) dan diwakili vektor \(\overrightarrow b \)

Soal dan dan Pembhasan


πŸ’¦Soal No. 01.
Diketahui koodinat titik A (1, 0) dan B (2, 3), maka vektor \(\overrightarrow {AB} \) =... 
(A) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}1\\3\end{array}} \right)\) 
(B) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}-3\\-1\end{array}} \right)\) 
(C) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}3\\1\end{array}} \right)\) 
(D) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}3\\3\end{array}} \right)\) 
(E) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}-1\\-3\end{array}} \right)\)

\(\overrightarrow {AB} = B - A = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}2\\3\end{array}} \right) - \left( {\begin{array}{*{20}{c}}1\\0\end{array}} \right) = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}1\\3\end{array}} \right)\)

πŸ’₯Kunci Jawaban A


πŸ’¦Soal No. 02.
Jika \(\overrightarrow {PQ} \) = (-4, 7) dan P (3, 5), maka koordinat titik Q 
(A) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}-1\\12\end{array}} \right)\)
(B) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}-7\\-2\end{array}} \right)\) 
(C) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}-7\\2\end{array}} \right)\)
 (D) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}7\\2\end{array}} \right)\) 
(E) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}1\\-12\end{array}} \right)\)

\(\begin{array}{c}\overrightarrow {PQ} = Q - P\\\left( {\begin{array}{*{20}{c}}{ - 4}\\7\end{array}} \right) = Q - \left( {\begin{array}{*{20}{c}}3\\5\end{array}} \right)\\Q = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}{ - 4}\\7\end{array}} \right) + \left( {\begin{array}{*{20}{c}}3\\5\end{array}} \right)\\ = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}{ - 1}\\{12}\end{array}} \right)\end{array}\)

πŸ’₯Kunci Jawaban A 


πŸ’¦Soal No.03.
Vektor yang digambarkan di bawah ini sama dengan 


(A) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}-4\\3\end{array}} \right)\) 
(B) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}-3\\-4\end{array}} \right)\) 
(C) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}3\\-4\end{array}} \right)\)
 (D) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}4\\3\end{array}} \right)\) 
(E) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}4\\-3\end{array}} \right)\)

*) Sejajar sumbu X, dari titik pangkal bergerak ke kaknan sejauh 4 satuan

*) Sejajar sumbu Y, dari titik pangkal     brgerak 3 satua

maka vektor tersebut adalah:

\(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}4\\-3\end{array}} \right)\)

πŸ’₯Kunci Jawaban E


πŸ’¦ Soal No.04.
 Diketahui vektor \(\overrightarrow {AB} = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}3\\1\end{array}} \right)\) dan \(\overrightarrow {AC} = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}5\\2\end{array}} \right)\). Jika titik C(4, 6) maka koordinat titik B adalah ...
(A) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}-1\\4\end{array}} \right)\) 
(B) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}1\\-4\end{array}} \right)\) 
(C) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}-2\\5\end{array}} \right)\) 
(D) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}4\\-3\end{array}} \right)\) 
(E) \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}2\\5\end{array}} \right)\)

\(\begin{array}{l}\overrightarrow {AB} = B - A = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}3\\1\end{array}} \right)\,\,\,\\\underline {\overrightarrow {AC} = C - A = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}5\\2\end{array}} \right)} \,{\,_ - }\\B - C = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}{ - 2}\\{ - 1}\end{array}} \right)\\B = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}{ - 2}\\{ - 1}\end{array}} \right) + C\\B = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}{ - 2}\\{ - 1}\end{array}} \right) + \left( {\begin{array}{*{20}{c}}4\\6\end{array}} \right) = \left( {\begin{array}{*{20}{c}}2\\5\end{array}} \right)\end{array}\)

πŸ’₯ Kunci Jawaban E


πŸ’¦ Soal No. 05.
Panjang vektor \(\overrightarrow v = \left( {8,\,15} \right)\) = 
(A) 12 
(B) 16 
(C) 17 
(D) 21 
(E) 24

\[\begin{array}{c}\left| {\overrightarrow v } \right| = \sqrt {{8^2} + {{15}^2}} = \sqrt {64 + 225} \\ = \,\sqrt {289} = \,17\end{array}\]

πŸ’₯ Kunci Jawaban C


Subscribe to receive free email updates: