Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

Soal dan Pembahasan Matematika IPA SBMPTN 2015 (Kode 509)



Bimbel WIN: 
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang  sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif. 

Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus  dan analisanya pada umunya sama. 

Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.

Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli matematika IPA SBMPTN tahun 2015 (Kode 509) lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin... 
🙏🙏

- Matematika IPA -
Soal No 01.
Misalnya titik A dan B pada lingkaran \({x^2} + {y^2} - 6x - 2y + k = 0\) sehingga garis singgung lingkara di titik A dan B berpotongan di C (8, 1). Jika luas segiempat yang melalui A, B, C dan pusat lingkaran adalah 12, maka k = ... 
  • (A)     -1 
  • (B)     
  • (C)    
  • (D)     
  • (E)     3

\(\begin{array}{l}Lingkaran:{x^2} + {y^2} - 6x - 2y + k = 0\\^o)\,\,pusat = \left( {\frac{6}{2},\,\,\frac{2}{2}} \right) = \left( {3,\,\,1} \right)\\^o)\,\,jari{\rm{ - }}jari(R) = \sqrt {{3^2} + {1^2} - k} = \sqrt {10 - k} \\diketahui\,\,\,dari\,\,\,gambar:\\ \Rightarrow PC{\rm{ }} = {\rm{ }}\sqrt {{{({x_c} - {x_p}{\rm{ }})}^2}{\rm{ }} + {\rm{ }}{{({y_c} - {y_p})}^2}} \\\,\,\,\,\,\,PC = {\rm{ }}\sqrt {{{(8 - 3)}^2}{\rm{ }} + {\rm{ }}{{(1{\rm{ }} - {\rm{ }}1)}^2}} = \sqrt {26} \\ \Rightarrow AP = PB = \sqrt {10 - k} \\ \Rightarrow AC{\rm{ = }}\sqrt {P{C^2} - A{P^2}} \\AC{\rm{ = }}\sqrt {{{\left( {\sqrt {26} } \right)}^2}{\rm{ - }}{{\left( {\sqrt {10{\rm{ - k}}} } \right)}^2}} \\ = \sqrt {{{\sqrt {26} }^2} - {{\sqrt {10 - k} }^2}} = \sqrt {16{\rm{ + k}}} \\ \Rightarrow Luas\,\,\,Arsiran = 2 \times L{\Delta _{APC}}\\12 = 2 \times \left( {\frac{{AP{\rm{ }} \times {\rm{ AC}}}}{2}} \right)\\12 = \sqrt {10 - {\rm{k}}} \cdot \sqrt {16{\rm{ + k }}} \\12 = \sqrt {160 - {\rm{6k}} - {{\rm{k}}^2}} \\144 = {k^2} + 6k - 16\\{k^2} + 6k - 16 = 0\\(k + 8)(k - 2) = 0\\k = - 8,\,\,\,k = 2\end{array}\) 

 Kunci Jawaban: D


Soal No.02.
Jika \(\cos \left( {x + {{15}^0}} \right) = \alpha \,\,\,dengan\,\,\,{{\rm{0}}^0} \le x \le {30^o}\), maka niai \(\cos \left( {2x + {{60}^0}} \right)\) adalah ... 
  • (A)     \(\frac{{\sqrt 3 }}{2}\left( {2{\alpha ^2} - 1} \right) + \alpha \sqrt {1 - {a^2}} \) \) 
  • (B)     \(\frac{{\sqrt 3 }}{2}\left( {2{\alpha ^2} - 1} \right) - \alpha \sqrt {1 - {a^2}} \) 
  • (C)     \(\frac{{\sqrt 3 }}{2}\left( {{\alpha ^2} - 1} \right) + \alpha \sqrt {1 - {a^2}} \) 
  • (D)     \(\frac{{\sqrt 3 }}{2}\left( {{\alpha ^2} - 1} \right) + \alpha \sqrt {1 + {a^2}} \) 
  • (E)     \(\frac{{\sqrt 3 }}{2}\left( {{\alpha ^2} + 1} \right) + \alpha \sqrt {1 - {a^2}} \)

\(\begin{array}{l}Jika:\cos (x + {15^o}) = \alpha \to {0^o} \le x \le {30^o}\\dari\,\,\,gambar\,\,diperoleh\\\sin (x + {15^o}) = \sqrt {1 - {a^2}} \\Karena:\\\cos 2x = 1 - 2{\sin ^2}x = 2{\cos ^2}x - 1\\\cos {15^o} = \sqrt {\frac{1}{2} + {\rm{ }}\frac{1}{2}{\rm{ }}\cos {\rm{ }}{{30}^0}} \\ = \sqrt {\frac{1}{2}{\rm{ }} + {\rm{ }}\frac{1}{4}{\rm{ }}\sqrt 3 } \\ = \frac{1}{2}\sqrt {2{\rm{ }} + {\rm{ }}\sqrt 3 } \\\sin {15^o} = \sqrt {\frac{1}{2} - {\rm{ }}\frac{1}{2}{\rm{ }}\cos {\rm{ }}{{30}^0}} \\ = \sqrt {\frac{1}{2} - \frac{1}{4}{\rm{ }}\sqrt 3 } \\ = \frac{1}{2}\sqrt {2 - \sqrt 3 } \\maka\\\cos (2x + {60^o}) = {\cos ^2}(x + {30^o})\\ = 2{\cos ^2}(x + {30^o}) - 1\\ = 2{\left[ {\cos ((x + {{15}^o}) + {{15}^o})} \right]^2} - 1\\ = 2.{\left[ {\alpha .\frac{1}{2}\sqrt {2 + \sqrt 3 } - \sqrt {1 - {\alpha ^2}.} \frac{1}{2}\sqrt {2 - \sqrt 3 } } \right]^2} - 1\\ = \frac{2}{4}\left[ {\left( {2 + \sqrt 3 } \right){\alpha ^2} - 2\alpha {{\sqrt {1 - \alpha } }^2} + (1 - {\alpha ^2})(2 - \sqrt 3 } \right] - 1\\ = \frac{1}{2}\left[ {2{\alpha ^2} + \sqrt 3 {\alpha ^2} - 2\alpha \sqrt {1 - {\alpha ^2}} + 2 - \sqrt 3 - 2{\alpha ^2} + \sqrt 3 {\alpha ^2}} \right] - 1\\ = \frac{1}{2}\left[ {2\sqrt 3 {\alpha ^2} - 2\alpha \sqrt {1 - {\alpha ^2}} + 2 - \sqrt 3 } \right] - 1\\ = \sqrt 3 {\alpha ^2} - \alpha \sqrt {1 - {\alpha ^2}} + 1 - \frac{1}{2}\sqrt 3 - 1\\ = \sqrt 3 {\alpha ^2} - \frac{1}{2}\sqrt 3 - \alpha \sqrt {1 - {\alpha ^2}} \\ = \frac{{\sqrt 3 }}{2}(2{\alpha ^2} - 1) - \alpha \sqrt {1 - {\alpha ^2}} \end{array}\)

Kunci Jawaban: B


Soal No.03.
Misalkan \(\left| {\,\overline {{\rm{OA}}} \,} \right| = 4,{\rm{ }}\left| {\,\overline {{\rm{OB}}} \,} \right| = 3\) dan kuadrat luas \(\Delta \,OAB\,\,\, = \,\,27\) Maka sudut kedua vektor adalah ... 
  • (A)     \({\rm{ }}{75^o}\)
  • (B)     \({\rm{ }}{60^o}\)
  • (C)     \({\rm{ }}{40^o}\) 
  • (D)     \({\rm{ }}{30^o}\) 
  • (E)     \({\rm{ }}{15^o}\)

\(\begin{array}{c}Diketahui:\\\left| {\overline {OA} } \right| = 4,\,\,\\\left| {\overline {OB} } \right| = 3\\L\Delta OAB{\rm{ = }}\frac{1}{2}{\rm{ }}{\rm{.}}\left| {\overline {OA} } \right|.\left| {\overline {OB} } \right|.\sin {\rm{ }}\theta \\\sqrt {27} {\rm{ = }}\frac{1}{2}{\rm{ }}{\rm{.4 }}{\rm{. 3 }}{\rm{. sin }}\theta \\3\sqrt 3 {\rm{ = 6 }}{\rm{.}}\sin \theta \\{\rm{ sin}}\theta {\rm{ = }}\frac{1}{2}\sqrt 3 \\{\rm{ }}\theta {\rm{ = 6}}{{\rm{0}}^0}\end{array}\)

Kunci Jawaban: B


Soal No. 04.
Pencerminan garis \(y = - x + 2\) terhadap garis y = 3 menghasilkan garis ... 
  • (A)     y = x + 4
  • (B)     y = -x + 4
  • (C)     y = x + 4 
  • (D)     y = x - 2 
  • (E)     y = -x - 4

\(\begin{array}{l} \Rightarrow ({x_i},{y_i})\,\,\,\underline {direfleksi\,\,\,y = h} \,\,\,({x_i},2h - {y_i})\\Artinya\\^o)\,\,x\,\,\,nya\,\,tetap\\^o)\,\,y\,\,\,berubah\,\,\,jadi\,\,\,2h - {y_i}\\ \Rightarrow ({x_i},{y_i})\,\,\,\underline {direfleksi\,\,\,x = k} \,\,\,(2h - {x_i},{y_i})\\Artinya\\^o)\,\,y\,\,\,nya\,\,tetap\\^o)\,x\,\,\,berubah\,\,\,jadi\,\,\,2h - {x_i}\\ \Leftrightarrow \\y = - x + 2\,\,\,\,\underline {direfleksi\,\,\,y = 3} \\bayangannya\,\,\,menjadi\,\,\,\left( {2 \times 3 - y} \right) = - x + 2\\y = x + 4\end{array}\) 

Kunci Jawaban: A


Soal No. 05.
Pada kubus ABCD.EFGH, P adalah titik tengah FG dan titik Q adalah titik tengah FB. Pepanjangan HP dan AQ berpotongan di perpanjangan EF di titik R. Jika panjang rusuk kubus adalah 2, maka volume EAH.FQP adalah ...
  • (A)     
  • (B)    
  • (C)     \(3\frac{1}{3}\) 
  • (D)     \(2\frac{1}{3}\) 
  • (E)     \(2\frac{2}{3}\)

\(\begin{array}{r} \Rightarrow \frac{{RF}}{{RE}} = \frac{{EP}}{{EH}}\\\frac{{RF}}{{RF + 2}} = \frac{1}{2}\\2RF = RF + 2\\RF = 2\end{array}\) \(\begin{array}{l} \Rightarrow {\rm{ }}{V_{EAH,{\rm{ }}FPQ}}{\rm{ }} = {\rm{ }}{V_R} - {V_{R.{\rm{ }}FPQ}}\\ = {\rm{ }}\frac{1}{3}({L_{\Delta {\rm{ }}EAH{\rm{ X ER }}}}) - {\rm{ }}\frac{1}{2}({L_{\Delta {\rm{ FPQ X FR}}}})\\ = {\rm{ }}\frac{1}{3}(\frac{{2{\rm{ }} \times {\rm{ }}2}}{2} \times 4) - \frac{1}{3}(\frac{{1{\rm{ }} \times {\rm{ }}1}}{2} \times {\rm{ }}2)\\ = {\rm{ }}\frac{8}{3} - \frac{1}{3}\\ = \frac{7}{3} = 2\frac{1}{3}\end{array}\) 

Kunci Jawaban: D


Soal No. 06.
Suku banyak \(P(x) = (x - a){x^5} + (x - b){x^4} + (x - c)\) habis dibagi oleh \({x^2} - (a + b)x + ab\). Jika ac \( \ne \) 1, maka b = ... 
  • (A)     \(\frac{{c - ac + {a^2}}}{{c + a - 1}}\) 
  • (B)     \(\frac{{{c^2} + ac - {a^2}}}{{c + 1 - a}}\) 
  • (C)     \(\frac{{c + 2ac - {a^2}}}{{c + 1 - a}}\) 
  • (D)     \(\frac{{2{c^2} + ac - {a^2}}}{{c + 1 - a}}\) 
  • (E)     \(\frac{{c + ac - {a^2}}}{{c + 1 - a}}\)

\(\begin{array}{l}P(x) = {(x - a)^5} + {(x - b)^4} + (x - c)\\habis\,\,\,dibagi\,\\{x^2} - (a + b)x + ab = \left( {x - a} \right)\left( {x - b} \right)\\ \Rightarrow P(a) = 0\\{(a - a)^5} + {(a - b)^4} + a - c = 0\\{(a - b)^4} = c - a\,\,..............1)\\ \Rightarrow \,P(b) = 0\\{(b - a)^5} + {(b - b)^4} + b - c = 0\\ - 1 \cdot {(a - b)^4} \cdot (a - b) + b - c = 0\\sunstitusi\,\,\,........1)\\ - 1 \cdot (c - a) \cdot (a - b) + b - c = 0\\ - 1 \cdot (ac - bc - {a^2}{\rm{ }} + {\rm{ }}ab){\rm{ }} + {\rm{ }}b - c = 0\\b \cdot (c + 1{\rm{ }} - a){\rm{ }} + {\rm{ }}{a^2} - ac - c{\rm{ }} = {\rm{ }}0\\b.(c + 1 - a){\rm{ }} = {\rm{ }}c{\rm{ }} + {\rm{ }}ac - {a^2}\\b{\rm{ }} = {\rm{ }}\frac{{c{\rm{ }} + {\rm{ }}ac - {a^2}}}{{c + 1 - a}}\end{array}\) 

Kunci Jawaban: E


Soal No. 07.
Nilai c yang memenuhi \({\left( {0,25} \right)^{\left( { - {x^2} + 4x - c} \right)}} < {\left( {0,0625} \right)^{\left( { - {x^2} - 4x + 5} \right)}}\) adalah 
  • (A)     c < - 46
  • (B)     c < - 33
  • (C)     c < - 23 
  • (D)     c < 23 
  • (E)     c < 46

\(\begin{array}{l}{(0,25)^{( - {x^2} + 4x - c)}}{\rm{ < (0}}{\rm{,625}}{{\rm{)}}^{( - x2 - 4x + 5)}}\\{(\frac{1}{4})^{( - {x^2} + 4x - c)}}{\rm{ < }}{\left( {{\rm{ (}}\frac{1}{4}{{\rm{)}}^2}} \right)^{( - {x^2} - 4x + 5)}}\\ - {x^2} + 4x - c{\rm{ }} > {\rm{ - }}2{\rm{ }}{x^2} - 8x + {\rm{ }}10\\{x^2}{\rm{ }} + {\rm{ }}12x - (z + 10) > {\rm{ }}0\,\,\,(definit\,\,positif)\\^o)\,\,\,\,a = 1\,\,\,(a > 0)\\^o)\,\,\,\,D < 0\\{b^{2{\rm{ }}}} - 4ac{\rm{ }} < {\rm{ }}0\\{\rm{144 + 4 (c + 10) < 0}}\\{\rm{144 + 4c + 40 < 0}}\\4{\rm{c + 184 < 0}}\\{\rm{4c < - 184}}\\{\rm{c < - 46}} & & \end{array}\) 

Kunci Jawaban: A


Soal No. 08.
Jika \({x_1},\,\,\,{x_2}\) adalah akar-akar dari \({16^x} - {4^x} - 2 \cdot {4^{x + 2}} - {4^{x + 3}} + a = 0\) di mana \({x_1} + \,\,{x_2}{ = ^2}\log 5 + 1\), maka a = ... 
  • (A)     16 
  • (B)     18 
  • (C)     25 
  • (D)     64 
  • (E)     100

\(\begin{array}{l}{x_1},\,\,\,{x_2}\\{16^x} - {4^x} - 2 \cdot {4^{x + 2}} - {4^{x + 3}} + a = 0\\misal\,\,\,{4^x} = p\\ \Rightarrow {P^2} - P - (2 \cdot 16 \cdot P) - (64 \cdot P) + A = 0\\{P^2} - 97P + A = 0\\ \Rightarrow {P_1} \cdot {P_2} = \frac{c}{a}\\{4^{{x_1}}} \cdot {4^{{x_2}}} = \frac{a}{1}\,\,\,\,\,\,\,\, \leftarrow {4^{{x_1}}} \cdot {4^{{x_2}}} = {4^{{x_1}}}^{ + {x_2}}\\{4^{{x_1}}}^{ + {x_2}} = a\\{\left( 4 \right)^{^2\log 5 + 1}} = 1\,\,\,\,\,\,\,\, \leftarrow {\,^2}\log 5 + {\,^2}\log 2 = {\,^2}\log 10\\{\left( {{2^2}} \right)^{^2\log 10}} = a\,\,\,\,\,\,\, \leftarrow \,\,{2^{^2\log {{10}^2}}} = {10^2}\\{10^2} = a\\a = 100\end{array}\) 

Kunci Jawaban: E


Soal No. 09.
Nilai \(\mathop {\lim }\limits_{x \to 1} {\rm{ }}\frac{{(\sqrt {5 - x} - 2).(\sqrt {2 - x} + 1}}{{1 - x}}\) adalah ... 
  • (A)     \( - \frac{1}{2}\)
  • (B)     \( - \frac{1}{4}\)
  • (C)     \(\frac{1}{8}\) 
  • (D)     \(\frac{1}{4}\) 
  • (E)     \(\frac{1}{8}\)

\(\begin{array}{l}as\\\frac{{Lim}}{{x \to 1}}{\rm{ }}\frac{{(\sqrt {5 - x} - 2).(\sqrt {2 - x} + 1}}{{1 - x}}\\dalil\,\,\,L'Hospital\\\frac{{Lim}}{{x \to a}}{\rm{ }}\frac{{f(x)}}{{g(x)}}{\rm{ = }}\frac{{f'\,(a)}}{{g'\,(a)}}{\rm{ }}\\ \Rightarrow {\rm{ }}\frac{{\left( {\frac{{ - 1}}{{2\sqrt {5 - x} }}} \right).\left( {\sqrt {2 - x} + 1} \right) + \left( {\sqrt {5 - x - 2} } \right).\left( {\frac{{ - 1}}{{2\sqrt {2 - x} }} + 1} \right)}}{{ - 1}}\\ = {\rm{ }}\frac{{\left( {\frac{{ - 1}}{{2\sqrt {5 - 1} }}} \right).\left( {\sqrt {2 - 1} + 1} \right) + \left( {\sqrt {5 - 1 - 2} } \right).\left( {\frac{{ - 1}}{{2\sqrt {2 - 1} }} + 1} \right)}}{{ - 1}}\\{\rm{ = }}\frac{{( - 1\frac{1}{4}).(2) + (0).(\frac{1}{2})}}{{ - 1}} = {\rm{ }}\frac{1}{2}\end{array}\) 

Kunci Jawaban: E


Soal No. 10.
Jika \({U_1},\,\,\,{U_2},\,\,\,{U_3}\,\,\,...\) adalah barisan geometri yang memenuhi \({U_3} - {U_6} = x\), dan \({U_2} - {U_4} = y\), maka \(\frac{x}{y}\) = ... 
  • (A)     \(\frac{{{r^3} - {r^2} - r}}{{r - 1}}\)
  • (B)     \(\frac{{{r^3} - {r^2} + r}}{{r - 1}}\)
  • (C)     \(\frac{{{r^3} + {r^2} + r}}{{r + 1}}\) 
  • (D)     \(\frac{{{r^3} + {r^2} - r}}{{r - 1}}\) 
  • (E)     \(\frac{{{r^3} - {r^2} + r}}{{r + 1}}\)

\(\begin{array}{l}Diketahui:\,\,\,\,{U_1},\,\,\,{U_2},\,\,\,{U_3},{\rm{ }}....... \to {\rm{ barisan geometri}}\\ \Rightarrow {\rm{ }}{{\rm{U}}_3} - {U_6} = x\\ \Rightarrow {\rm{ }}{{\rm{U}}_2} - {U_4} = y\\\frac{x}{y} = \frac{{a{r^2} - a{r^5}}}{{ar - a{r^3}}}\\ = {\rm{ }}\frac{{a{r^2}.(1 - {r^3})}}{{ar.(1 - {r^2})}}\\ = {\rm{ }}\frac{{R.(1 - R).(1 + R + {R^2})}}{{(1 - R).(1 + R)}}\\ = \frac{{{r^3} + {r^2} + r}}{{1 + r}}\end{array}\) 

Kunci Jawaban: E


Soal No. 11.
Fungsi \(f(x) = - \sqrt {{\rm{co}}{{\rm{s}}^2}x + \frac{x}{2} + \pi } ,\,\,\,\, - \pi < x < 2\pi \) turun pada interval ... 
  • (A)     \\(0 < x < \frac{{5\pi }}{{12}}\) 
  • (B)     \(0 < x < \frac{\pi }{{12}}\)
  • (C)     \(\frac{\pi }{6} < x < \frac{\pi }{3}\) 
  • (D)     \(\frac{{5\pi }}{{12}} < x < \frac{{7\pi }}{{12}}\) 
  • (E)     \( - \frac{{7\pi }}{{12}} < x < \frac{\pi }{{12}}\)

\(\begin{array}{l}f(x) = - \sqrt {{\rm{co}}{{\rm{s}}^2}x + \frac{x}{2} + \pi } ,\,\,\,\, - \pi < x < 2\pi \\syarat\,\,\,fungsi\,\,\,turun:f'(x) < 0\\f'(x) = - \frac{1}{2}{\left( {{\rm{co}}{{\rm{s}}^2}x + \frac{x}{2} + \pi } \right)^{ - 1/2}}\left( {2\cos x \cdot \sin x + \frac{1}{2}} \right)\\ - \left[ {\frac{{ - 2.\cos {\rm{ }}x{\rm{ }}.\sin {\rm{ x + }}\frac{1}{2}}}{{2 \cdot \sqrt {{{\cos }^2}x + \frac{x}{2} + \pi } }}} \right] < 0\\{\rm{2 cos x }}{\rm{. sin x }}\left( {{\rm{ - }}\frac{1}{2}} \right) < 0\\ & {\rm{sin 2x < }}\frac{1}{2}\\Pembuat\,\,\,nol\,\,\,untuk:\\\sin 2x = \frac{1}{2}\\ \Rightarrow \,\,\sin 2x = \sin \frac{\pi }{6}.......1)\\2x = \frac{\pi }{6} + 2{\rm{ k }}\pi \\x = \frac{\pi }{{12}}{\rm{ + k }}\pi \\untuk\,\,\,nilai\,\,\,k:\,\,\\k = - 1 \to x = 1\frac{{11}}{{12}}\pi \\k = 0 \to x = \frac{1}{{12}}\pi \\k = 1 \to x = \frac{{13}}{{12}}\pi \\ \Rightarrow \,\,\sin 2x = \sin \frac{{5\pi }}{6}.......2)\\2x = \frac{{5\pi }}{6} + 2k\pi \\x = \frac{{5\pi }}{{12}} + k{\rm{ }}\pi \\k = - 1 \to x = - \frac{7}{{12}}\pi \\k = 0 \to x = \frac{5}{6}\pi \\k = 1 \to x = \frac{{17}}{{12}}\pi \\dari\,\,\,garis\,\,\,bilangan\,\,\,dibawah\\HP = \left\{ { - \frac{{7\pi }}{{12}} < x < \frac{\pi }{{12}}} \right\}\end{array}\)


 

Kunci Jawaban: E


Soal No. 12.
Pada interval \( - 10\,\, \le x \le 0\), luas daerah di bawah kurva \(y = - {x^2}\) dan di atas garis \(y = kx\) sama dengan luas daerah di atas kurva \(y = - {x^2}\) dan di bawah garis \(y = kx\). Nilai k = ... 
  • (A)     \(7\frac{1}{3}\) 
  • (B)     \(6\frac{2}{3}\) 
  • (C)    
  • (D)     \(5\frac{2}{3}\) 
  • (E)     5

\(\begin{array}{r}Hubungan\,\,\,antara\,\,\,garis\,\,\,dan\,\,\,paraola\\{y_{garis}} = {y_{parabola}}\\ - {x^2} = kx\\{x^2} + kx = 0\\x(x + k) = 0\\x = 0\,\,\,dan\,\,\,x = k\\karena\,\,\,luasnya\,\,\,sama\\{L_1} = {L_2}\\\int\limits_{ - 10}^{ - k} {(kx - ( - {x^2}))dx = } \int\limits_{ - k}^0 {( - {x^2}} - kx)dx\\\frac{k}{2}{x^2} + \frac{1}{3}{x^3}\left| {\begin{array}{*{20}{c}}{ - k}\\{ - 10}\end{array} = - \frac{1}{3}{x^3} - \frac{k}{2}{x^2}} \right|\begin{array}{*{20}{c}}0\\{ - k}\end{array}\\\left( {\frac{{{k^3}}}{2} - \frac{{{k^3}}}{3}} \right) - \left( {50{\rm{ k - }}\frac{{100}}{3}} \right) = \left( 0 \right) - \left( {\frac{{{k^3}}}{3} - \frac{{{k^3}}}{2}} \right)\\\frac{1}{3}{k^3} - 50k + \frac{{1000}}{3} = \frac{1}{6}{k^3}\\ - 50k = - \frac{{1000}}{3}\\k = \frac{{1000}}{{150}}\\k = 6\frac{2}{3}\end{array}\) 
Kunci Jawaban: A


Soal No. 13.
Banyak garis lurus \(Ax + By - 4C = 0\) dengan A, B, dan C bilangan-bilangan berbeda yang dipilih dari \(\left\{ {0,\,\,1,\,\,4,\,\,16} \right\}\) adalah ... 
  • (A)     9
  • (B)     12
  • (C)     15 
  • (D)     18 
  • (E)     21

\(Ax + By - 4C = 0\) nilai A, B, dan C dipilih dari bilangan (0,1, 4, ...16) dan tidak boleh sama Suatu garis dianggap beda bila perbandingan A, B dan 4C tidak berulang. \(\begin{array}{l}A = 0 \Rightarrow y = \frac{{4c}}{B} \to \frac{{4(1)}}{4} \ne \frac{{4(1)}}{{16}} \ne \frac{{4(4)}}{1} \ne \frac{{4(16)}}{1} \to 4{\rm{ }}garis\\B = 0 \Rightarrow x = \frac{{4c}}{A} \to \frac{{4(1)}}{4} \ne \frac{{4(1)}}{{16}} \ne \frac{{4(4)}}{1} \ne \frac{{4(16)}}{1} \to 4{\rm{ }}garis\\C = 0 \Rightarrow {\rm{ }}\frac{{Ax}}{y} \to \frac{{ - B}}{A} \to \frac{1}{4} \ne \frac{{ - 1}}{{16}} \ne \frac{{ - 4}}{1} \ne \frac{{ - 16}}{1} \to 4{\rm{ }}garis\\A \ne B \ne C \ne 0 \to A:B:4C \to {3^p}3 = 6{\rm{ garis}}\\Total = 4 + 4 + 4 + 6 = 16\,\,\,garis\end{array}\) 

Kunci Jawaban: D


Soal No. 14.
Dua kelas masing-masing terdiri atas 30 siswa. Satu siswa dipilih dari tiap-tiap kelas. Peluang terpilih keduanya laki-laki adalah 11/36. Peluang terpilih paling sedikit satu di antaranya laki-laki adalah ... 
  • (A)     \(\frac{{161}}{{180}}\)
  • (B)    \\(\frac{{155}}{{180}}\)
  • (C)     \(\frac{{25}}{{180}}\) 
  • (D)     \(\frac{{19}}{{180}}\) 
  • (E)     \(\frac{{11}}{{180}}\)

Kelas A (30 orang) \( < _{30 - x = banyak{\rm{ wanita kelas A}}}^{x = banyak{\rm{ pria kelas A}}}\) 

Kelas B (30 orang) \( < _{30 - Y = banyak{\rm{ wanita kelas B}}}^{y = banyak{\rm{ pria kelas B}}}\) \(\begin{array}{r}P{\rm{ }}(1{\rm{ }}pria{\rm{ }}A\,\,\,dan\,\,\,1\,\,\,pria{\rm{ }}B{\rm{ }}){\rm{ }} = \frac{{11}}{{36}}\\\frac{x}{{30}} \cdot \frac{y}{{30}}{\rm{ = }}\frac{{11}}{{36}}{\rm{ }}\\\frac{{xy}}{{900}}{\rm{ = }}\frac{{11}}{{36}}{\rm{ }}\\\frac{{xy}}{{25}}{\rm{ = }}11\\xy = 25 \times 11 < _{y = 11}^{x = 25}{\rm{ }}\\P{\rm{ (minimal}}\,\,\,1\,\,\,pria{\rm{ }}) = \\1 - P(1\,\,\,wanita\,\,\,A\,\,\,dan\,\,\,1\,\,\,wanita\,\,\,B)\\ = 1 - \left[ {\frac{{(30 - x)}}{{30}} \times \frac{{(30 - y)}}{{30}}} \right]\\{\rm{ = 1 - }}\frac{{5 \times 19}}{{30 \times 30}}{\rm{ }}\\ = \frac{{161}}{{180}}\end{array}\) 

Kunci Jawaban: A


Soal No.15.
Diketahui deret geometri tak hingga mempunyai jumlah sama dengan nilai minimum fungsi \(f(x) = - {x^3} + 3x - c\) untuk \( - 1 \le x \le 2\). Selisih suku kedua dan suku pertama deret geometri tersebut adalah \({f^{ - 1}}(0)\). Jika rasio deret geometri \(1 - \sqrt 3 \), maka nilai c adalah ... 
  • (A)     -2 
  • (B)     -1 
  • (C)     
  • (D)    
  • (E)     3

\(\begin{array}{r}f(x) = - {x^3} + 3x - c \to - 1 \le x \le 2\\ \Rightarrow f'\,(x) = 0\\ - 3{x^2} + 3 = 0\\{x^2} - 1 = 0\\x = 1\,\,\,dan\,\,\,x = - 1\\ \Rightarrow f''\,(x) = - 6x\\f''\,( - 1) = - 6( - 1) = 6\\jadi\,\,\min imum\,\,\,saat\,\,\,x = - 1\\ \Rightarrow f( - 1) = - 1{( - 1)^3} + 3( - 1) - c\\f( - 1) = - 2 - c\\ \Rightarrow r = 1 - \sqrt 3 \\ \Rightarrow {U_2} - {U_1} = f'(0)\\ar - a = - 3{(0)^2} + 3\\a(r - 1) = 3\\a(1 - \sqrt 3 - 1) = 3\\a = \frac{3}{{ - \sqrt 3 }} = - \sqrt 3 \\ \Rightarrow f( - 1) = \frac{a}{{1 - r}}\,\,\,\\ - 2 - c = \frac{{{\rm{ - }}\sqrt 3 }}{{1 - \left( {1 - \sqrt 3 } \right)}}\\ - 2 - c = - 1\\c = - 1\end{array}\) 

Kunci Jawaban: A




Subscribe to receive free email updates: