Kami siap menghantarkan adik-adik camaba masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Sekolah Kedinasan pilihan mu.

Soal dan Pembahasan SBMPTN Matematika Dasar 2016 (Kode 320)



Bimbel WIN
Belajar dari bentuk soal yang sudah pernah ditanyakan membuat persiapan menghadapi ujian yang  sebenarnya akan menjadi lebih terarah, lebih fokus dan lebih efektif. 

Bentuk soal yang akan diujikan dari tahun ke tahun pada umumnya materinya sama. Pada pelajaran yang menitikberatkan pada hafalan soanya bisa sangat mirip bahkan ada yang persis sama. Sedangkan pada soal hitungan, rumus  dan analisanya pada umunya sama. 

Oleh karena itu, kami menyarankan bagiadik-adik calon mahasiswa baru (camaba) tahun ini, kuasailah minimal 10 tahun terakhir soal ujian yang sudah pernah keluar.

Pada kesempatan ini, bimbel WIN berbagi soal asli matematika dasar SBMPTN tahun 2016 kode 320 lengkap dengan pembahasannya yang mudah untuk dimengerti. Di akhir pembahasan, kami juga mengajak adik-adik camaba untuk tetap berlatih pada soal online yang sudah kami siapkan, Ayouk teruslah berlatih...!!! Semoga tahun ini kalian semuanya yang belajar disini bisa lolos di pilihan pertama kalian, Amiiin...  🙏🙏


- Matematika Dasar -

💦 Soal No 46 

Diketahui \(7 - \sqrt 7 \) adalah salah satu akar \({x^2} + ax + b = 0\) dengan b bilangan real negatif dan a suatu bilangan bulat. Nilai terkecil a adalah... 
  • (A) -5 
  • (B) -4 
  • (C) 0 
  • (D) 4 
  • (E) 5

Pembahasan: 

Dari bentuk umum persamaan kuadrat: \(a{x^2} + bx + c = 0\) nilai:  \({x_1} + {x_2} = \frac{{ - b}}{a},\,\,\,dan\,\,{x_1} \times {x_2} = \frac{c}{a}\)

Diketahui dari soal: \({x^2} + ax + b = 0\) dimana b (negatif ) dan a bilangan bulat

 \( \Rightarrow {x_1} + {x_2} = \frac{{ - b}}{a} \equiv  - a\,\,dan\,\,{x_1} \times {x_2} = \frac{c}{a} \equiv b\)

\(\begin{array}{l}{x_1} + {x_2} = \left( {7 - \sqrt 7 } \right) + \left( {k + \sqrt 7 } \right)\\7 + k \equiv  - a\end{array}\)

\({x_1} \times {x_2} = \left( {7 - \sqrt 7 } \right) \times \left( {k + \sqrt 7 } \right) \equiv b\) dan b adalah bilangan real negatif,sedangkan \(\left( {7 - \sqrt 7 } \right)\) sudah positif maka \(\left( {k + \sqrt 7 } \right)\) harus negative.

\(k + \sqrt 7  < 0\,\,\, \to \,\,\,k <  - \sqrt 7 \)

Supaya nilai a paling kecil maka nilai k haruslah yang paling besar pada persamaan:

\(\begin{array}{l} - a = 7 + k\\a =  - \left( {7 + \left( { - 3} \right)} \right)\\a =  - 4\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 47

Jika \({A^{2x}} = 2\), maka \({\textstyle{{{A^{5x}} - {A^{ - 5x}}} \over {{A^{3x}} + {A^{ - 3x}}}}}\) = ...
  • (A) \(\frac{{31}}{{18}}\) 
  • (B) \(\frac{{31}}{9}\) 
  • (C) \(\frac{{32}}{{18}}\) 
  • (D) \(\frac{{33}}{9}\) 
  • (E) \(\frac{{33}}{{18}}\)

Pembahasan: 

Diketahui  \({A^{2x}} = 2\) maka

\(\begin{array}{c}\frac{{{A^{5x}} - {A^{ - 5x}}}}{{{A^{3x}} + {A^{ - 3x}}}} = \frac{{{{\left( {\sqrt 2 } \right)}^5} - {{\left( {\sqrt 2 } \right)}^{ - 5}}}}{{{{\left( {\sqrt 2 } \right)}^3} + {{\left( {\sqrt 2 } \right)}^{ - 3}}}}\\ = \frac{{4\sqrt 2  - \frac{1}{{4\sqrt 2 }}}}{{2\sqrt 2  + \frac{1}{{2\sqrt 2 }}}} \times \left( {\frac{{4\sqrt 2 }}{{4\sqrt 2 }}} \right)\\ = \frac{{32 - 1}}{{16 + 2}}\\ = \frac{{31}}{{18}}\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 48

Suatu garis yang melalui titik (0,0) membagi persegipanjang dengan titik -titik sudut (1,0 ) ,(5,0),(1,12) dan (5,12) menjadi dua bagian yang sama luas. Gradien garis tersbut adalah... 
  • (A) \(\frac{1}{2}\) 
  • (B) 1 
  • (C) 2 
  • (D) \(\frac{{12}}{5}\) 
  • (E) 3

Pembahasan:

Misalkan persamaan garis tersebut adalah \(y = mx\) membagi persegipanjang dengan luas yang sama maka dapat ditentukan bahwa Luas arsiran = 1/2 luas Persegi panjang tersebut (Bentuk arsiran adalah trapesium siku-siku).

\(\begin{array}{l}{L_{arsiran}} = \frac{1}{2}L.P.panjang\\\frac{1}{2}\left[ {4 \times \left( {5m + m} \right)} \right] = \frac{1}{2}\left[ {4 \times 12} \right]\\4 \times 6m = 4 \times 12\\m = 2\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 49

Semua bilangan real x yang memenuhi \(\frac{x}{{x - 3}} \le \frac{{x + 3}}{{x + 2}}\) adalah.... 
  • (A) \(x \le - \frac{9}{2}\) atau \(x > 3\) 
  • (B) \(x \le - \frac{9}{2}\) atau \( - 2 < x < 3\) 
  • (C) \( - \frac{9}{2}\, < x < - 2\) atau \( - 2 < x < 3\) 
  • (D) \( - \frac{9}{2}\, \le x < 3\) 
  • (E)   x<-3 atau -2<x<3

Pembahasan

\(\begin{array}{l}\frac{x}{{x - 3}} - \frac{{x + 3}}{{x + 2}} \le 0\\\frac{{x\left( {x + 2} \right) - \left( {x - 3} \right)\left( {x + 3} \right)}}{{\left( {x - 3} \right)\left( {x + 2} \right)}} \le 0\\\frac{{x2 + 2x - x2 + 9}}{{\left( {x - 3} \right)\left( {x + 2} \right)}} \le 0\\\frac{{2x + 9}}{{\left( {x - 3} \right)\left( {x + 2} \right)}} \le 0\end{array}\)

\(x \le  - \frac{9}{2}atau - 2 < x < 3\)

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 50 

Jika grafik fungsi \(y = {x^2} - (9 + a)x + 9a\) diperoleh dari grafik fungsi \(y = {x^2} - 2x - 3\) mealui pencerminan terhadap garis x = 4, maka a =.... 
  • (A) 7 
  • (B) 5 
  • (C) 3 
  • (D) -5 
  • (E) -7

Pembahasan: 

\(\begin{array}{l}(x,y)\,\,di\,\,refleksi\,\,x = h\,\,menjadi:\,\,\left( {2h - x,y} \right)\\\left( {x,y} \right)\,\,\,di\,\,refleksi\,\,x = 4\,\,\,menjadi:\,\left( {8 - x,y} \right)\\x' = 8 - x \to x = 8 - x\\y' = y\\Benda:\,\,\,y = {x^2} - 2x - 3\\Bayangan:\,\,\,y' = {\left( {8 - x} \right)^2} - 2\left( {8 - x} \right) - 3\\y = {x^2} - 14x + 45 \equiv y = {x^2} - \left( {9 + a} \right)x + 9a\\maka:45 = 9a\,\,\,\, \Rightarrow \,\,\,\,a = 5\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 51

Tujuh finalis lomba menyanyi tingka SMA di suatu kota berasal dari 6 SMA yang berbeda teridiri atas empat pria dan tiga wanita. Diketahui satu pria dan satu wanita berasal dari SMA "A". Jika urutan tampil diatur bergantian antara pria dan wanita, serta finalis dari SMA "A" tidak tampil berurutan. maka susunan urutan tampil yang mungkin ada sebanyak... 
  • (A) 144 
  • (B) 108 
  • (C) 72 
  • (D) 36 
  • (E) 35

Pembahasan: 

  • 7 Finalis terdiri atas : 4 pria (P) dan 3 wanita (W)
  • Banyak urutan tampil selang seling = 4!\( \times \)3! = 24\( \times \)6 = 144 cara
  • Terdapat 2 finalis yang berasal dari SMA "A" (1 Pria = PA dan 1 Wanita = WA ) maka ada 6 buah kemungkinan finalis dari SMA A tampil berurutan yaitu seperti pada ilustrasi berikut 

  • sehingga, banyaknya susunan yang mungkin agar pria dan wanita dari SMA "A" tampil scara brurutan adalah enam kali dari banyaknya cara menyusun 3 pria selain SMA "A" secara permutasi dan banyaknya cara menyusun 2 wanita selain SMA "A" secara permutasi yaitu:\(6.3{P_3}.2{P_2} = 6 \times \left( {3 \times 2 \times 1} \right) \times \left( {2 \times 1} \right) = 72\)
  • Banyaknya cara finalis dari SMA "A" tidak tampil berurutan adalah 144-72 =72 cara
💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 52

Diberikan fungsi \(f(x) = ax - 1\),dan \(g(x) = x + 1\) jika \((f\,o\,g) = \,(g\,o\,f)(x)\) maka \(f(2) - g(1) = ...\) 
  • (A) 2 
  • (B) 1 
  • (C) 0 
  • (D) -1 
  • (E) -2

Pembahasan: 

\(\begin{array}{c}f\left( x \right) = ax - 1\\g\left( x \right) = x + 1\\\left( {fog} \right)\left( {x + 1} \right) = \left( {gof} \right)\left( {x + 1} \right)\\f\left( {g\left( x \right)} \right) = g\left( {f\left( x \right)} \right)\\a\left( {x + 1} \right) - 1 = \left( {ax - 1} \right) + 1\\ax + a - 1 = ax\end{array}\)

Perhatikan koefisiennya yang akan kita samakan:

Koefisien x: a = 1, maka

\(\begin{array}{c}f(2) - g(1) = \left( {1(2) - 1} \right) - \left( {1 + 1} \right)\\ = 1 - 2 =  - 1\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban: D


💦 Soal No 53 

Jika fungsi f dan g mempunyai invers dan memenuhi \(f(x + 5) = g(2x - 1)\) maka \(2{f^{ - 1}}(x) = ...\)
  • (A) \({g^{ - 1}}(x) + 11\) 
  • (B) \({g^{ - 1}}(x) + 9\) 
  • (C) \({g^{ - 1}}(x) + 6\) 
  • (D) \({g^{ - 1}}(\frac{x}{2}) + 6\) 
  • (E) \({g^{ - 1}}(2x) + 6\)

Pembahasan: 

\(\begin{array}{l}f\left( {x + 5} \right) = g\left( {2x - 1} \right)\\f\left( x \right) = g\left( {2\left( {x - 5} \right) - 1} \right)\\f\left( x \right) = g\left( {2x - 11} \right)\\{f^{ - 1}}\left( x \right) = {\left( {goh} \right)^{ - 1}}\left( x \right)\\h\left( x \right) = 2x - 11 \to {h^{ - 1}}\left( x \right) = \frac{{x + 11}}{2}\\{f^{ - 1}}\left( x \right) = \left( {{h^{ - 1}}o{g^{ - 1}}} \right)\left( x \right)\\{f^{ - 1}}\left( x \right) = {h^{ - 1}}\left( {{g^{ - 1}}\left( x \right)} \right)\\{f^{ - 1}}\left( x \right) = \frac{{g - 1\left( x \right) + 11}}{2}\\2.{f^{ - 1}}\left( x \right) = {g^{ - 1}}\left( x \right) + 11\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 54 

Diketahui matriks A=\(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}a\\0\end{array}\begin{array}{*{20}{c}}1\\1\end{array}\begin{array}{*{20}{c}}1\\b\end{array}} \right)\) dan B = \(\left( {\begin{array}{*{20}{c}}1\\a\\0\end{array}\,\begin{array}{*{20}{c}}0\\b\\1\end{array}} \right)\) Jika \(a \ne 0\) dan AB tidak mempunyai invers, maka b=... 
  • (A) 0 
  • (B) \(\frac{1}{3}\) 
  • (C) \(\frac{1}{2}\) 
  • (D) 1 
  • (E) 3

Pembahasan:

\(AB = \left[ {\begin{array}{*{20}{c}}{2a}\\a\end{array}\begin{array}{*{20}{c}}{}&{}\end{array}\begin{array}{*{20}{c}}{b + 1}\\{2b}\end{array}} \right]\)

\(\left| {AB} \right| = 0 \to \) tidak punya invest

\(4ab - a\left( {b + 1} \right) = 0\)

\(4ab - ab - a = 0\)

\(3ab = a\)

\( = \frac{1}{3}\)

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 55 

Bilangan \(\log \left( {a{b^4}} \right),\log \left( {{a^3}{b^7}} \right)\) dan \(\log \left( {{a^6}{b^9}} \right)\) merupakan tiga suku pertama barisan arimetika. Jika suku ke-11barisan tersebut adalah \(\log \left( {{a^p}} \right)\), maka p=.... 
  • (A) 29 
  • (B) 55 
  • (C) 66 
  • (D) 95 
  • (E) 121

Pembahasan: 

\(\begin{array}{l}\log \left( {{a^3}{b^7}} \right) - \log \left( {a{b^4}} \right) = \log \left( {{a^6}{b^9}} \right) - \log \left( {{a^3}{b^7}} \right)\\\log \left[ {\frac{{{a^3}{b^7}}}{{a{b^4}}}} \right] = \log \left[ {\frac{{{a^6}{b^9}}}{{{a^3}{b^7}}}} \right]\\{a^2}{b^3} = {a^3}{b^2}\\a = b\\ \Rightarrow \log {a^5},\log {a^{10}},\log {a^{15}}\\{u_1} = \log {a^5}\\beda = {u_2} - {u_1} = \log {a^{10}}\log {a^5} = \log {a^5}\\ \Rightarrow {u_{11}} = a + 10(beda) = \log {a^5} + 10.\log {a^5}\\\log {a^p} = \log {a^{55}}\\p = 55\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban: B


💦 Soal No 56
Titik X,Y, dan Z terletak pada segitiga ABC sehingga AZ=AY, BZ=BX, CX=CY seperti pada gambar. Jika BC, CA dan AB berturut-turut adalah a cm, b cm, dan c cm, maka 2AY=...cm 
  • (A) a + b + c 
  • (B) a – b = c 
  • (C) a + b - c 
  • (D) -a – b + c 
  • (E) b + c – a

Pembahasan:

\(\begin{array}{l}p + q = c\\{\underline {q + r = a} _ + }\\p - r = c - a\\{\underline {p + r = b} _ + }\\2p = b + c - a\\2AY = b + c - a\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban E


💦 Soal No 57 

Nilai ujian matematika disuatu kelas berupa bilangan bulat positif yang tidak lebih besar dari pada 10. Rata-rata nilai ujian matematika untuk 40 siswa dikelas tersebut adalah 7. Dua orang mengikuti ujian susulan dan memperoleh nilai yang berbeda dan ternyata merupakan niai yang tertinggi dan yang terendah dikelas tersebut. Jika rata-rata nilai 42 siswa ersebut tetap, maka jangkauan data nilai ujian 42 siswa diatas yang mungkin ada sebanyak ... 
  • (A) 1 
  • (B) 2 
  • (C) 3 
  • (D) 4 
  • (E) 5

Pembahasan: 

Karena rata-ratanya tetap maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa rata rata nilai 2 anak tersebut juga sebesar 7, sehingga
\(\begin{array}{l}\frac{{{x_1} + {x_n}}}{2} = 7\\{x_1} + {x_n} = 14\end{array}\)
Angka yang memenuhi untuk dipasangkan adalah
👉 10 dan 4
👉 9 dan 5
👉 8 dan 6  yang lainnya tidak memenuhi lagi.
jadi jangkauan yang bisa terjadi hanya dari pasangan tersebut ada sebanyak 3

💥 Kunci Jawaban: C


💦 Soal No 58 

Jika \(\mathop {\lim }\limits_{x \to - 2} \frac{{{x^2} - 4}}{{x + 2}} = \mathop {\lim }\limits_{x \to 1} a{x^2} + b\) dan \(\mathop {\lim }\limits_{x \to - 2} a{x^2} + b = 2\) maka a – b =... 
  • (A) -4 
  • (B) -2 
  • (C) 0 
  • (D) 2 
  • (E) 8

Pembahasan: 

\( \Rightarrow \mathop {\lim }\limits_{x \to  - 2} \frac{{{x^2} - 4}}{{x + 2}} = \mathop {\lim }\limits_{x \to 1} a{x^2} + b\)

kita selesaikan kedua ruas tersebut, diperoleh

\(\begin{array}{l}\mathop {\lim }\limits_{x \to  - 2} \frac{{\left( {x - 2} \right)\left( {x + 2} \right)}}{{\left( {x + 2} \right)}} = \mathop {\lim }\limits_{x \to 1} a{x^2} + b\\\mathop {\lim }\limits_{x \to  - 2} \left( {x - 2} \right) = \mathop {\lim }\limits_{x \to 1} a{x^2} + b\\\left( { - 2 - 2} \right) = a{(1)^2} + b\\a + b =  - 4\end{array}\)

\(\begin{array}{l} \Rightarrow \mathop {\lim }\limits_{x \to 2} a{x^2} + b = 2\\4a + b = 2...\,2)\\a + b =  - 4\\{\underline {4a + b = 2} _ + }\\ - 3a =  - 6\\a = 2\,\, \to b =  - 6\\maka:\\a - b = 8\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban: E


💦 Soal No 59 

Jika (x, y) = (1, 1) dan (x, y) = (a, -2) merupakan penyelesaian 3x + y = b dan cx - dy = 1 maka a + b + c - d=.... 
  • (A) 7 
  • (B) 6 
  • (C) 6\(\frac{1}{2}\) 
  • (D) -6 
  • (E) - 7

Pembahasan: 

\(\begin{array}{l} \Rightarrow 3x + y = b\\\left( {1,1} \right):3\left( 1 \right) + 1 = b\\b = 4\\\left( {a, - 2} \right):3\left( a \right) - 2 = 4\\a = 2\\ \Rightarrow cx - dy = 1\\\left( {1,1} \right):c - d = 1\,\,...\,\,i)\\a + b + c - d = 2 + 4 + 1 = 7\end{array}\)

💥 Kunci Jawaban: A


💦 Soal No 60 

Semua bilangan real x yang memenuhi \(\frac{1}{{\left| {x - 2} \right|}} < \frac{1}{{\left| {1 - x} \right|}}\) adalah...
  • (A)   x < 1
  • (B)   x > 1
  • (C)   x < 2
  • (D)   x < 1 atau\(\frac{3}{2}\) < x < 2
  • (E)   \(1 < x < \frac{3}{2}\,\,\,atau\,\,x > 2\)

    Pembahasan:

    \(\begin{array}{l}\frac{1}{{\left| {x - 2} \right|}} < \frac{1}{{1 - x}}\\ \Rightarrow untuk\,\,x < 1\,\,...\,\,i)\\ \Rightarrow \frac{{ - 1}}{{x - 2}} < \frac{1}{{1 - x}}\\\frac{{ - 1}}{{x - 2}} - \frac{1}{{1 - x}} < 0\\\frac{{ - 1 + x - x + 2}}{{\left( {x - 2} \right)\left( {1 - x} \right)}} < 0\\\frac{1}{{\left( {x - 2} \right)\left( {1 - x} \right)}} > 0\\x < 1\,\,atau\,\,x > 2\,\,...\,\,ii)\\irisan\,\,i)\,\,dan\,\,ii)\\HP:\,\,\,x < 1\end{array}\) 

    \(\begin{array}{l} \Leftrightarrow untuk\,\,1 < x < 2\,\,...\,\,i)\\ \Rightarrow \frac{{ - 1}}{{x - 2}} < \frac{{ - 1}}{{1 - x}}\\\frac{{ - 1}}{{x - 2}} + \frac{1}{{1 - x}} < 0\\\frac{{ - 1 + x + x + 2}}{{\left( {x - 2} \right)\left( {1 - x} \right)}} < 0\\\frac{{2x - 3}}{{\left( {x - 2} \right)\left( {x - 1} \right)}} > 0\\x < 1\,\,atau\,\,\frac{3}{2} < x > 2\,\,...\,\,ii)\\irisan\,\,i)\,\,dan\,\,ii)\\HP:\,\,\,\frac{3}{2} < x > 2\end{array}\) 

    \(\begin{array}{l} \Leftrightarrow untuk\,\,x > 2\,\,...\,\,i)\\ \Rightarrow \frac{1}{{x - 2}} < \frac{{ - 1}}{{1 - x}}\\\frac{1}{{x - 2}} + \frac{1}{{1 - x}} < 0\\\frac{{1 - x + x - 2}}{{\left( {x - 2} \right)\left( {1 - x} \right)}} < 0\\\frac{{ - 1}}{{\left( {x - 2} \right)\left( {1 - x} \right)}} > 0\\\frac{1}{{\left( {x - 2} \right)\left( {x - 1} \right)}} < 0\\1 < x < 2\,\,...\,\,ii)\\irisan\,\,i)\,\,dan\,\,ii)\\HP:\,\,\,\left\{ {} \right\}\end{array}\)

    Jadi himpunan penyelesaiannya adalah:

    \(x < 1\,\,atau\,\,\frac{3}{2} < x < 2\)

    Kunci Jawaban D

Subscribe to receive free email updates: